Kamis, 21 Februari 2013

Tips Aman Saat Online



Tips Aman Saat Online Hasil survei yang diadakan oleh Get Safe Online menunjukkan 5 cara yang paling sering digunakan untuk menjaring korban secara online, yaitu virus, pembobolan email, pembobolan akun media sosial, penipuan barang belanja online dan penipuan kartu kredit online.

Berikut ini beberapa tips aman online:


1. Jangan Berbagi Password

Apa pun transaksi Anda yang menggunakan fasilitas online, jangan pernah memberikan atau menuliskan password Anda kepada orang lain. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun, sehingga jika ada satu password yang terlanjur bocor, akun yang lain tetap aman. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus ketika membuat password agar tidak gampang ditebak oleh program otomatis penebak password.

2. Jangan Tergoda Tawaran Muluk
Umumnya situs-situs penipu memberikan tawaran atau harga yang terlalu muluk. Ciri-ciri lain situs belanja online palsu adalah tanpa ikon gembok pada halaman transaksinya atau bila awal URL-nya dimulai dengan https://, maka itu bukanlah situs belanja online yang aman.

3. Cari Informasi Lengkap
Sebelum membeli barang secara online, periksalah apakah mereka memiliki nomor kontak atau alamat kantor yang benar. Carilah di Google Maps atau Google Street View untuk memastikan kantor mereka benar-benar ada. Cari tahulah informasi yang valid sebanyak mungkin.

4. Gunakan Kartu Kredit

Beberapa kelebihan menggunakan kartu kredit saat belanja online adalah pembeli bisa memastikan pembayaran minimum yang diperlukan jika barang pesanan rusak saat diterima oleh si pemesan, atau pemebeli bisa mengklaim biaya pengembalian jika pesanan tidak diantar sama sekali.

5. Gunakan Aplikasi Antivirus Terbaru
Selalu gunakanlah antivirus terbaru untuk komputer, Apple Mac, smartphone atau tablet Anda.

6. Hati-hati Terhadap Hotspot Internet
Kebanyakan hotspot internet Wi-Fi di Indonesia saat ini tidak sepenuhnya aman. Jika log in ke salah satu hotspot, berhati-hatilah terhadap setiap toko online, restoran atau bar yang mencurigakan. Pastikan komputer Anda menggunakan perlindungan virus yang aktif.

7. Selalu Periksa Pengaturan Privasi dan Keamanan Akun Jejaring Sosial Anda

Jika akun jejaring sosial Anda seperti Facebook atau Twitter memiliki pengaturan privasi dan keamanan yang benar, Anda dapat mencegah orang asing melihat status, gambar dan informasi pribadi Anda.

8. Hati-hati Ketika Mengunduh Aplikasi
Kini banyak aplikasi jahat yang dapat menyembunyikan spyware yang berbahaya dan dapat memantau penggunaan telepon seluler Anda, atau bahkan mengirim pesan dengan menggunakan pulsa Anda yang dapat membuat tagihan telepon Anda membengkak. Description: Tips Aman Saat Online Rating: 4.5 Reviewer: Juragan Seo - ItemReviewed: Tips Aman Saat Online

0 komentar:

Posting Komentar